31 Oktober 2011 - BY Admin

Akreditasi Kecamatan Sayang Ibu

Yogyakarta, BPPM- GSI merupakan gerakan masyarakat bersama pemerintah yang dilaksanakan untuk membantu masyarakat dan keluarga melalui peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku agar dapat memahami dan berperan serta dalam upaya penanggulangan masalah-masalah yang dihadapi perempuan. 

Guna menunjang kelestarian GSI di tingkat masyarakat, Pemerintah Provinsi DIY setiap tahunnya melakukan akrediasi Kecamatan Sayang Ibu (KSI) di lima kabupaten/kota di  DIY Kegiatan ini merupakan rangkaian penilaian terhadap Kecamatan yang diajukan oleh masing-masing kabupaten/kota tentang pelaksanaanya terhadap gerakan sayang ibu dan peran serta masyarakat terhadap program tersebut.

Penilaian terkadap KSI juga dilakukan untuk memberikan apresiasi  atas pelaksanaan operasional revitalisasi GSI di kecamatan dengan aspek aspek penilaian yang lebih menitikberatkan pada program/kegiatan inovatif, melakukan pembinaan secara berjenjang, meningkatkan aktivitas Pokjatap dan satgas GSI disetiap wilayah dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif serta mampu mengembangkan ide ide kreatif, khususnya dalam upaya pencegahan kematian Ibu Hamil , Ibu Bersalin dan Ibu nifas.

Untuk tahun 2011 akreditasi KSI berlangsung pada bulan oktober sampai dengan November 2011 dengan jadwal  sebagai berikut:

  1. 25 Oktber 2011 di Kabupaten Kulonprogo di kecamatan Samigaluh, desa sampel  Desa Kebonharjo
  2. 26 Oktober 2011 di kabupaten Bantul, kecamatan  Sedayu, Desa sample desa Argosari, Tonalan
  3. 31 Oktober 2011 di kabupaten Sleman, Kecamatan Tempel  desa Merdikorejo
  4. 2 November 2011  di kabupaten Gunungkidul Kecamatan Ngawen, desa Kampung
  5. 3 November 2011 di kota Yogyakarta, kecamatan Danurejan Kelurahan Bausasran

Akreditasi Kecamatan Sayang Ibu melibatlan tim penilai dari lintas sektor di DIY diantaranya dari Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dinas Sosial Provinsi DIY, Kanwil BKKBN Provinsi DIY, Kanwil Kementerian Agama DIY, Dinas pendidikan pemuda dan Olahraga Provinsi DIY, BPPM Provinsi DIY, TP PKK Provinsi DIY, Ikatan Bidan Indonesia, dan Palang Merah Indonesia.

Melalui Akreditasi KSI ini diharapkan Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan maupun Masyarakat lebih termotivasi untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya khususnya perempuan dan anak. (AN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?