16 November 2020 - BY Admin

Barak pengungsi Glagaharjo riuh dengan ceria anak anak

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (16/11/2020) - Anak anak didampingi Puspaga dan Forum Anak Cangkringan bermain dan belajar bersama di salah satu sudut barak pengungsi. Ibu Erlina Kepala DP3AP2 DIY berbincang dengan beberapa ibu dan nenek yang ada disana, menanyakan kondisi lokasi pensian dan kesehatan pengungsi. Barak pengungsi berada di komplek Balai Desa Glagaharjo menempati Gedung SD dan Gedung PNPM. Pengungsi yang ada sekarang adalah balita, anak-anak, ibu, dan lansia. Bapak-bapak dan para pemuda masih belum mengungsi, mereka masih bertanigung, beternak, dan menjaga rumahnya.

Siang itu, koordinasi DP3AP2 DIY dengan Dinsos PPA Kabupaten Sleman, dilakukan di bawah tenda, di Barak Pengungsi. Ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan untuk segera dilaksanakan, antara lain pembentukan Posko PPA yang akan beranggotakan Tesaga Puspaga Satgas PPA, dan lain sebagainya  Posko ini akan melayani berbagai permasalahan keluarga serta Ruang bermain ramah anak. Posko PPA menempati tenda, dan ruang bermain ramah anak menempati salah satu ruang kelas, dan di halaman bagi ibu-ibu dan lansia untuk mengisi waktu luang juga akan di lakukan pelatihan sederhana, misalnya kerajinan tali kur, anyaman, dan sebagainya.

Penanganan pengungsi di masa Pandemi Covid 19, dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, memakai masker, dan cuci tangan serta mensyaratkan relawan untuk tes PCR bebas covid 19, serta pembatasan relawan dari luar Kecamatan Cangkringan serta memaksimalkan relawan Kecamatan Cangkringan beriringan dengan pembekalan guna peningkatan ketrampilan.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?