19 Juli 2022 - BY Admin

Body Dissatisfaction, Momok bagi Pengguna Media Sosial

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (19/07/2022) - Tubuh merupakan aset fisik manusia yang paling mudah terlihat. Memiliki tubuh yang indah merupakan idaman semua orang. Wanita pada umumnya memiliki kebutuhan yang relatif lebih besar untuk selalu tampil cantik dan menarik di hadapan orang lain. Pada kesempatan ini TeSAGa On Radio melakukan siaran hari Kamis, 14 Juli 2022 bersama Sonora FM dan Smart FM. Siaran radio dimulai pukul 13.00 WIB sampai 14.00 WIB dengan tema “Body Dissatisfaction, Momok bagi Pengguna Media Sosial”. Siaran dibuka oleh mbak Aya sebagai penyiar, narasumber kali ini oleh kakak-kakak dari TeSAGa DIY selaku konselor.

Sebelum kita mulai alangkah lebih baik jika mengetahui apa itu Body Dissatisfaction. TeSAGa menjelaskan, Body Dissatisfaction merupakan penilaian negatif terhadap ukuran, bentuk tubuh, bentuk otot, serta berat badan yang dapat mengarahkan pada persepsi bahwa tubuhnya berbeda dengan tubuh idealnya. Ketidakpuasan tubuh diakui sebagai salah satu kekhawatiran utama para remaja dan orang dewasa. Pada tahap-tahap transisi kepribadian dan perkembangan sosial ini, kaum muda menerapkan idealisme tubuh dari kelompok referensi mereka, selain itu dari masyarakat pada umumnya, misalnya : menurut masyarakat wanita cantik itu seseorang yang memiliki kulit putih, rambut lurus, hidung mancung, berat badan yang ideal dan kaki yang jenjang. Melalui media, idealisme kecantikan ini tertanam di masyarakat untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa ketika seseorang memiliki tubuh yang sesuai dengan standar ideal bisa hidup lebih bahagia. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mencapai standar tersebut.

Seseorang dapat dikatakan Body Dissatisfaction, lebih lanjut TeSAGa menjelaskan ketika orang tersebut menggunakan gambaran di media sebagai untuk membandingkan dirinya. Ketika seseorang menilai bahwa tubuhnya lebih buruk dari gambaran di media akan menyebabkan persepsi negatif terhadap tubuhnya. Pengaruh body dissatisfaction bagi orang yang tidak puas dengan tubuhnya, hal ini berkaitan dengan psikologis, seperti meningkatnya ketakutan akan evaluasi negatif tentang dirinya yang dilakukan oleh orang lain, meningkatnya depresi, penurunan harga diri dan meningkatnya dampak negatif secara keseluruhan. Selain itu, menyebabkan perilaku makan tidak teratur, berolahraga secara berlebihan, minum pil diet dan penggunaan steroid (melakukan perubahan tubuh seseorang melalui cara suntik), dan juga berhubungan dengan kesehatan mental yang buruk termasuk suasana hati yang rendah, perasaan rendah diri dan penyakit kejiwaan termasuk gangguan makan dan pengaruh tubuh yakni merasakan cemas yang berlebihan terhadap fisik yang dimiliki.

Ketika seseorang merasa tidak puas dengan tubuhnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, ujar TeSAGa, yaitu membatasi diri dari media sosial seperti memberikan waktu untuk tidak melihat media sosial selama beberapa waktu, harapannya dapat memberikan ketenangan pada jiwamu selain itu dapat mereset persepsi terhadap diri, cobalah menuliskan beberapa kelebihan yang kamu miliki. Tuliskan hal-hal yang tidak berkaitan dengan standar kecantikan, selain itu kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif, usahakan mengurangi kata-kata negatif terhadap tubuhmu seperti tidak mendefinisikan kecantikan secara sempit, pertimbangkan kenyamanan dirimu saat memilih pakaian untuk digunakan, melakukan kegiatan yang membuat memfokuskan pikiran kita tidak kepada penampilan tetapi fokus kepada bagaimana tubuh kita bekerja dan berfungsi dengan baik. Apabila anda tidak memiliki kepuasan terhadap tubuh sendiri bisa menghubungi WA, Telegram, atau SMS TeSAGa DIY ke nomor 087719292111 atau ke media sosial IG, Twitter, Facebook, Line, Youtube, dan TikTok di TeSAGa_DIY, dan blog www.tesagadiy.blogspot.com untuk artikel yang dapat menginspirasi dan tambahan pengetahuan.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?