19 Agustus 2020 - BY Admin

DESA PRIMA adalah Bukti Nyata Perempuan Dalam Mendukung Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

Sumber makanan tidak hanya beras, jargon ini harus sering didengungkan kepada masyarakat dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Disekitar kita cukup banyak hasil-hasil bumi yang bisa diolah menjadi pangan lokal yang selain membuat kenyang namun juga menyehatkan.

Untuk meningkatkan kualitas olahan pangan lokal, maka program  Desa PRIMA (Perempuan Indonesia Maju Mandiri) sebagai salah satu program unggulan di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) melakukan pelatihan-pelatihan dan pendampingan kepada perempuan-perempuan yang tergabung didalam kelompok tersebut untuk mampu mengembangkan bahan lokal yang semula kurang/tidak memiliki nilai ekonomis setelah diolah kemudian menjadi produk yang layak jual.

Dimasa pandemic Covid 19 seperti sekarang, maka Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal adalah salah satu upaya menguatakan ketahanan pangan keluarga. Keluarga dikenalkan tentang bagaimana membuat varisasi makanan yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja (utamanya beras). Gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian ini ditingkat daerah ditangkap untuk disinergikan oleh OPD lainnya melalui program-program yang dimiliki di OPD tersebut sehingga menjadi sebuah Gerakan yang massif untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

Melalui tangan-tangan trampil para perempuan yang tergabung di kelompok Desa PRIMA maka bahan singkong, pegagan, jagung, kacang, dll tampil menjadi makanan yang cantik di mata dan menyehatkan keluarga. (NT)

 

produk-produk DESA PRIMA selengkapnya bisa dilihat di link berikut ini 

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?