24 Agustus 2022 - BY Admin

DP3AP2 DIY Lakukan Pendampingan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender di Kalurahan Sabdodadi

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (24/08/2022) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pegendalian Penduduk DIY  (Dinas P3AP2 DIY) menyelenggarakan Pendampingan Implementasi Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Kalurahan Sabdodadi Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 bertempat di Kantor Kalurahan Sabdodadi. Dinas P3AP2 DIY dalam pendampingan ini bekerja sama dengan Analitika Indonesia IDEA Yogyakarta yang merupakan organisasi yang memiliki misi untuk mendorong proses politik yang demokratis untuk pemenuhan hak dasar warga melalui perubahan kebijakan, penguatan basis, dan peningkatan kesadaran publik.

Pendampingan Implementasi PPRG di Kalurahan Sabdodadi dilakukan oleh Arif Nasiruddin, S.Psi.,M.A. selaku Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas P3AP2 DIY dan Tenti Novari Kurniawati dari Analitika Indonesia IDEA Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Sabdodadi Siti Fatimah dan peserta yang berasal dari unsur Badan Pemusyawaratan Kalurahan (Bamuskal), pejabat kalurahan yang menangani perencanaan dan penganggaran, pejabat kalurahan yang menangani bidang sosial, staf perencanaan dan penganggaran di kalurahan, serta pengurus desa prima. Pendampingan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman sumber daya manusia yang terlibat dalam proses perencanaan dan penganggaran di kalurahan terkait konsep dan isu gender serta bertujuan untuk menyusun rekomendasi program dan kegiatan yang responsif gender di kalurahan. Pendampingan ini dirasa penting untuk dilakukan karena perencanaan dan penganggaran yang dibuat oleh kalurahan perlu disusun dengan mempertimbangkan empat aspek yaitu peran, akses, manfaat, dan kontrol yang dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pelatihan PPRG Kalurahan yang diikuti oleh perwakilan kalurahan di Dinas P3AP2 DIY pada 21 – 22 Juli 2022. Pendampingan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2022 ini merupakan pendampingan sesi ketiga dari rangkaian kegiatan pendampingan yang dirancang untuk dilakukan di Kalurahan Sabdodadi. Sebelumnya, pendampingan sesi pertama dan kedua telah dilaksanakan pada tanggal 8 dan 15 Agustus 2022. Pendampingan yang sama pada tahun ini juga menyasar beberapa kalurahan lain di DIY, yaitu Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan, Kalurahan Giring Kapanewon Paliyan, Kalurahan Tanjungharjo Kapanewon Nanggulan, serta Kalurahan Banjarharjo Kapanewon Kalibawang.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?