22 Mei 2014 - BY Admin

Gelar Ekspose Perlombaan Desa Dan Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014

Yogyakarta, BPPM – Dalam rangka rangkaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat DIY tahun 2014, maka BPPM DIY mengadakan Gelar Ekspose Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat DIY tahun 2014 pada hari Senin, 19 Mei 2014 bertempat di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta. Dalam Gelar Ekspose ini dihadiri Oleh Kepala Badan Kabupaten/Kota yang menangani Urusan Pemberdayaan Masyarakat, Camat,Kepala Desa Juara I tingkat Kabupaten beserta BPD,LPMD, TP PKK, Karangtaruna, Lurah Juara I dan II Kota Yogyakarta beserta LPMK, TP-PKK, Karangtaruna, Tim Juri Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2014 dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPPM DIY Dra. Kristiana Swasti, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan Perlombaan Desa dan Kelurahan di tingkat DIY antaralain untuk mendorong penguatan otonomi desa, peningkatan kinerja pemerintah desa dan kelurahan, meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan,kesehatan,ekonomi, partisipasi masyarakat, gotong royong, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Dalam kesempatan itu, Dra. Kristiana Swasti, M.Si juga menambahkan bahwa penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2014 menggunakan instrumen penilaian sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, ketersediaan data Profil Desa dan Kelurahan 2 tahun terakhir:tahun 2012 dan 2013 serta indikator lainnya yang ditentukan Tim Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2014.

Gubernur DIY dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bapak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda DIY Drs. Sulistyo, SH, CN, MSi mengatakan bahwa perlombaan desa dan kelurahan merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka untuk menilai keberhasilam pembangunan desa dan kelurahan yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan. Masyarakat pedesaan dan perkotaan di masa yang akan datang diharapkan akan lebih siap dan mampu membangun dirinya menuju tatatan masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri,

Peserta Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2014 sebagai berikut:

Tingkat Kelurahan

1.    Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

2.    Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta

Tingkat Desa

1.    Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul

2.    Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo

3.    Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

4.    Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman

Setelah acara Gelar Ekspose pada hari ini akan dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya yaitu verifikasi data ke masing-masing desa dan kelurahan mulai tanggal 22 Mei sampai 2 Juni 2014.(KUN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?