10 Juni 2015 - BY Admin

Gelar Ekspose Perlombaan Desa Dan Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015

Yogyakarta, BPPM – Dalam rangka rangkaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat DIY tahun 2015, maka BPPM DIY mengadakan Gelar Ekspose Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat DIY tahun 2015 pada hari Rabu, 3 Juni 2015 bertempat di Ruang Radyosuyoso, Bappeda DIY Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta. Dalam Gelar Ekspose ini dihadiri Oleh Kepala Badan Kabupaten/Kota yang menangani Urusan Pemberdayaan Masyarakat, Camat,Kepala Desa Juara I tingkat Kabupaten beserta Perangkat Desa, BPD, LPMD, TP PKK, Karangtaruna, Lurah Juara I dan II Kota Yogyakarta beserta LPMK, TP-PKK, Karangtaruna, Tim Juri Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2015 dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BPPM DIY Drs. Seno Admojo, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan Perlombaan Desa dan Kelurahan di tingkat DIY antaralain untuk mendorong penguatan otonomi desa, peningkatan kinerja pemerintah desa dan kelurahan, meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan,kesehatan,ekonomi, partisipasi masyarakat, gotong royong, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2015 menggunakan instrumen penilaian sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, ketersediaan data Profil Desa dan Kelurahan 2 tahun terakhir:tahun 2013 dan 2014 serta indikator lainnya yang ditentukan Tim Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2015.

Dalam kesempatan itu Bapak Sekretaris Daerah DIY dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ibu Kepala BPPM DIY Dra. Kristiana Swasti, M.Si mengatakan bahwa perlombaan desa dan kelurahan merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka untuk menilai keberhasilam pembangunan desa dan kelurahan yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan. Masyarakat pedesaan dan perkotaan di masa yang akan datang diharapkan akan lebih siap dan mampu membangun dirinya menuju tatatan masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri.

Dalam gelar Ekspose Perlombaan Desa Dan Kelurahan Tingkat DIY tahun 2015 setiap Kepala desa dan Lurah diberikan kesempatan sama yaitu 15 menit untuk memaparkan gambaran umum tentang desa/kelurahan (analisis Profil Desa 2 tahun terakhir), Program-program pemberdayaan berdasarkan 8 (delapan) indikator penilaian, Keunggulan yang dimiliki desa/kelurahan, Hambatan dan solusi yang dimiliki desa/kelurahan, Program-program yang akan dilakukan pasca lomba. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari seluruh Tim Juri Perlombaan Desa Dan Kelurahan Tingkat DIY tahun 2015 kepada seluruh Kepala Desa/Lurah. Bobot nilai gelar Ekspose Perlombaan Desa Dan Kelurahan Tingkat DIY sebesar 25 %.

Peserta Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY tahun 2015 sebagai berikut:

Tingkat Kelurahan

1.    Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta

2.    Kelurahan Ngampilan, Kecamatan NGampilan, Kota Yogyakarta

Tingkat Desa

1.    Desa Baturetno, Kecamatan Bnaguntapan, Kabupaten Bantul

2.    Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

3.    Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

4.    Desa Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman

Setelah acara Gelar Ekspose pada hari ini akan dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya yaitu verifikasi data ke masing-masing desa dan kelurahan mulai tanggal 5 Juni sampai 12 Juni 2015.(KUN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?