1 November 2021 - BY Admin

Kampanye PUP Di Media Sosial: Apa Itu 21 Yes 25 Siap?

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (01/11/2021) - Permasalahan nasional Program Keluarga Berencana di Indonesia adalah tingginya angka perkawinan anak. Data Dispensasi Kawin Pengadilan Agama menyebutkan bahwa selama tahun 2017 – 2020 di Indonesia terjadi kenaikan yang signifikan pada tahun 2020 selama masa pandemi Covid-19. Data menunjukkan pada tahun 2019 jumlah permohonan dispensasi perkawinan sebanyak 23.145 kasus, kemudian meningkat tajam pada tahun 2020 sebanyak 63.383 kasus. Permohonan dispensasi perkawinan juga meningkat di seluruh kabupaten dan kota se DIY pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan data Pengadilan Tinggi Agama DIY, pada tahun 2018 jumlah permohonan dispensasi perkawinan sebanyak 345 kasus, pada tahun 2019 sebanyak 394 kasus, dan pada tahun 2020 meningkat menjadi 948 kasus.

Pencegahan perkawinan anak perlu dilakukan dengan upaya-upaya terpadu. DP3AP2 DIY telah melakukan upaya dalam mencegah perkawinan anak. Salah satunya adalah dengan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) yang didalamnya terdapat materi tentang kesehatan reproduksi remaja. Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama yaitu usia minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki, dimana pada batasan usia ini dianggap sudah siap menghadapi kehidupan keluarga dari sisi kesehatan dan perkembangan emosional.

Peran teknologi informasi saat ini sangat berkembang pesat, dan banyak masyarakat khususnya anak-anak dan remaja lebih sering menggunakan media sosial dalam beraktifitas sehari-hari. Seksi Keluarga Berencana telah memiliki beberapa platform digital di media sosial, yaitu akun Ranger Nom yang ada di YouTube, Instagram, Facebook, TikTok. Tujuan adanya platform digital ini adalah sebagai sarana untuk mempromosikan atau mengkampanyekan hal-hal yang berkaitan tentang kesehatan reproduksi remaja sebagai salah satu upaya Pendewasaan Usia Perkawinan.

Bagaimana kesiapan para remaja dalam menghadapi pernikahan? Apa itu 21 yes dan 25 siap? Pada kesempatan ini akun Ranger Nom mempersembahkan Video Kampanye Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) yang dapat diakses melalui media sosial Ranger Nom (Youtube, Instagram, Facebook, dan Tiktok) serta media sosial DP3AP2 DIY (Youtube, Instagram, dan Tiktok), atau melalui link tautan berikut ini :

https://bit.ly/KampanyePUP_2

https://bit.ly/KampanyePUP_1

 

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?