29 Juli 2021 - BY Admin

Kementerian PPPA Memberikan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (29/07/2021) – Kabupaten/Kota Layak Anak adalah sistem pembangunan yang berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan yang ditujukan untuk menjamin pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak. Kabupaten/Kota Layak Anak diamanatkan dalam Undang-Undang Perlindungan anak yang juga didukung oleh Undang-Undang Pemerintah Daerah. Dalam Undang-Undang Pemerintah Daerah dipertegas bahwa urusan Pemerintah di bidang perlindungan anak merupakan urusan wajib non pelayanan dasar yang harus dilakukan oleh Pemerintah dan didukung oleh masyarakat, media, dan dunia usaha sebagai empat pilar pembangunan. Disamping itu pada tahun 2021 telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang kebijakan Kabupaten/ Kota Layak Anak, dengan lahirnya Peraturan Presiden ini berarti dasar hukum pelaksanaan Kabupaten/Kota Layak Anak di Indonesia menjadi lebih kuat.

Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri dari lima predikat yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA. Penghargaan kabupaten kota layak anak akan diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim dari Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dari tim Kementerian lembaga dan tim independen.

Menjadi kebanggan bahwa tahun 2021 perolehan total penghargaan KLA mengalami peningkatan dibadingkan tahun 2019, dari 249 menjadi 275 kabupaten kota olehnya perolehan ini merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak di Kabupaten Kota masing-masing. Situasi Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk Kemen PPPA membuat acara Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021 yang disiarkan langsung melalui Youtube dan zoom oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (PPPA), para hadirin undangan dapat mengakses melalui Youtube dan zoom. Pada hari ini Kemen PPPA memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021 Peringkat Madya untuk Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Bantul.

Pada hari ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga akan memberikan apresiasi kepada Provinsi yang telah melakukan upaya keras untuk menjadi pelopor Provinsi Layak Anak atau perwakilan dan memberikan apresiasi kepada provinsi yang telah membentuk unit pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak atau UPTD PPA, dengan capaian yang menggembirakan ini apresiasi yang setinggi - tingginya serta selamat kami ucapkan kepada daerah yang menerima penghargaan ditahun 2021 atas segala upaya dan kerjasama yang telah diberikan semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing, besar pula harapan kami bahwa daerah yang telah mendapatkan prestasi baik dapat menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain, sehingga kita dapat bergerak bersama menuju Indonesia maju.

Dengan bergandengan tangan, bersinergi, berkolaborasi dimana seluruh pemangku kepentingan menciptakan lingkungan yang positif, sportif, dan ramah anak yakinlah Indonesia akan bangkit menjadi negara yang maju dan hebat menuju Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045.

 

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?