5 November 2021 - BY Admin

Ketahanan Keluarga Butuh Partisipasi Aktif

Panggang, DP3AP2 DIY (05/10/2021) – Program penguatan ketahanan keluarga sangat membutuhkan partisipasi aktif dari masing-masing anggota keluarga. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi D DPRD DIY, Rany Widayati dalam sosialisasi fungsi keluarga di Rumah Makan Limasan Barokan 99 di Dusun Mbolang, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Rabu (3/11).

Menurut dia, setiap anggota keluarga memiliki fungsi dan peran masing-masing. Meski demikian, agar terwujudnya keluarga bahagia dan sejahtera harus ada penguatan antaranggota.

“Harus saling mengisi, bahu membahu dan tidak boleh mengedepankan ego masing-masing karena dampaknya tidak baik ke keluarga,” kata Rany, kemarin.

Dia berharap dengan adanya sosialisai ini, para peserta memiliki wawasan berkaitan dengan membangun ketahanan keluarga. Rany juga berharap pengetahuan ini juga ditularkan ke warga yang lain agar upaya mewujudkan kesejahteraan dalam keluarga dapat dimaksimalkan. “Harus ada sinergi yang saling menguatkan,” katanya.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Nani Asyfiah mengatakan ketahanan dalam keluarga sangat dibutuhkan agar terhindar dari masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga dan lain-lain.

“Keluarga menjadi kunci agar bisa sejahtera maupun tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul,” katanya.

Nani mengungkapkan adanya rasa asih asah asuh dalam keluarga juga sangat dibutuhkan guna mewujudkan ketahanan dalam keluarga.

Sosialisai Fungsi

Sedangkan Kepala Seksi Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY, Heru Triyana mengatakan sosialisasi fungsi keluarga diselenggarakan sebagai program untuk memperkuat ketahanan keluarga.

Oleh karenanya, fungsi keluarga yang terdiri dari fungsi keagamaan yaitu dengan memberi panutan yang baik dalam ibadah dan perilaku kepada anak.

Menurut dia, sosialisasi tentang fungsi keluarga dilakukan di seluruh DIY, salah satunya di Gunungkidul. Sebelum dilaksanakan di Kalurahan Girikarto, program sama juga dilakukan di Kalurahan Mulusan, Paliyan pada 18 Oktober lalu. Adapun narasumber yang dihadirkan, salah satunya anggota DPRD DIY Rany Widayati. Sedangkan sosialisai di Kalurahan Dengok, Playen dilaksanakan pada 23 Oktober dengan narasumber anggota DPRD DIY, Imam Taufik. (David Kurniawan)

Sumber : Harian Jogja

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?