10 September 2021 - BY Admin

Komunikasi Orang Tua dan Anak

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (10/09/2021) - Sebagai terobosan atau inovasi untuk lebih dekat dengan sahabat TeSAGa, kini TeSAGa DIY bekerja sama dengan radio Sonora FM dan Smart FM mengadakan siaran setiap dua minggu sekali dengan berbagai tema diantaranya Parenting, Kesehatan Reproduksi Remaja, dan Persiapan Pranikah. Tema yang dibawakan pada hari Kamis, 9 September 2021 berjudul “Komunikasi Positif Orang Tua dan Anak”. Bersama Mas Hasta yang merupakan penyiar radio Sonora FM dan Smart FM, sebagai narasumber ada Kakak TeSAGa DIY dan Bapak Beni Kusambodo, S.H. selaku Kabid PPA DIY.

Dalam kegiatan tersebut mengulas tentang materi membangun komunikasi positif yang baik dengan anak. Membangun komunikasi positif dengan anak sangatlah penting dan sangat diperlukan bagi setiap orang tua, karena komunikasi yang baik akan menjalin hubungan yang baik pula antara orang tua dengan anak.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan perilaku pada anak. Memungkinkan terjadinya saling pengertian antara orang tua dan anak. Apa yang dikehendaki oleh orang tua dapat dimengerti oleh anak atau demikian pula sebaliknya. Anak akan merasa aman, nyaman bila berkomunikasi dengan orang tua sehingga tumbuh rasa diri berharga. Adapun bentuk-bentuk komunikasi orang tua dan anak yakni komunikasi verbal, komunikasi yang menggunakan kata-kata, lisan maupun tulisan. Sementara komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang pesannya dikemas dalam bentuk nonverbal, tanpa kata-kata.

Orang tua dapat melakukan aktivitas yang mendekatkan hubungannya dengan anak, seperti mendengarkan cerita anak, menjadi role model untuk anak agar dapat memahami bagaimana cara mendengarkan yang baik, orang tua sebaiknya tidak membuat asumsi pribadi sebaiknya dikonfirmasi atau ditanyakan kembali, dengarkan sampai selesai ketika anak berbicaraketika sedang berbicara dengan anak sebaiknya melakukan kontak mata, tau kapan harus berbicara dan kapan tidak berbicara, melihat sesuatu dari sudut pandang anak, dan tidak berharap terlalu tinggiSebaliknya, berkomunikasilah secara terbuka dan sehat tanpa memiliki harapan mengenai apa yang akan diutarakan oleh anak.

Diharapkan melalui kegiatan ini semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan semakin banyak masyarakat yang mengenal TeSAGa DIY, sehingga tau ke mana harus mengakses layanan ketika menemui permasalahan seputar parenting atau berkonsultasi terkait parenting, kesehatan reproduksi remaja dan persiapan pranikah. Selain itu, harapannya agar orang tua dan masyarakat dapat mendukung dan menerapkan komunikasi orang tua dan anak yang disampaikan melalui siaran radio ini.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?