22 Juni 2022 - BY Admin

Organisasi Perempuan Sebagai Wadah Peningkatan Kapasitas Pejuang Perempuan

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (22/06/2022) - Sebagai bentuk upaya peningkatan kapasitas perempuan khususnya dalam politik, Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) DIY. Menggelar acara diskusi bersama bagi anggota KPPI DIY bersama dengan tokoh perempuan DIY (20/6/2022).

Ditekankan dalam diskusi ini tentang pentingnya peran serta perempuan dalam dunia politik terutama dalam pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan. Di sisi lain, indikator kesadaran perempuan akan hal tersebut masih rendah. Hal ini terlihat dari jumlah partisipasi perempuan dalam pemilihan umum tahun 2019 yang hanya mencapai 18% dari kursi Parlemen. Keterlibatan perempuan dalam dunia politik tidak lepas dari berbagai latar belakang yang dimilikinya, salah satunya adalah peningkatan kapasitas diri, perempuan dengan kapasitas diri lebih tinggi memiliki track record yang baik di mata masyarakat sedangkan yang rendah cenderung diam dan tidak mengambil resiko dalam pengambilan keputusan publik.

Keterlibatan perempuan dalam organisasi masyarakat seperti PKK memberikan ruang belajar bagi perempuan dalam pengembangan kapasitas dirinya. Dengan 10 program PKK memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk terjun secara langsung menghadapi permasalahan di masyarakat, bagaimana menghadapi permasalahan keluarga, permasalahan anak, dan korban kekerasan terhadap perempuan. Demi kelancaran 10 Program PKK, PKK juga memiliki jejaring yang sudah berbadan hukum seperti Kejaksaan, Kepolisian, DP3AP2 DIY, DINSOS dan RDU.

Kesadaran akan pentingnya peran perempuan dalam dunia politik, hendaknya perlu disikapi dengan serius oleh kaum perempuan, karena dengan ikut berpartisipasi di dunia politik setidaknya perempuan memberikan andil bagi kebijakan-kebijakan yang mendukung kaum perempuan. pembelajaran tentang pengembangan kapasitas diri dan advokasi perempuan dapat dilakukan sedini mungkin melalui Organisasi Masyarakat seperti PKK.

Dalam hal partisipasi perempuan di politik Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) DIY yang merupakan sebuah wadah aktivitas dan kreativitas perempuan lintas Partai Politik, LSM dan Organisasi Masyarakat, juga dapat menjadi salah satu sarana bagi perempuan untuk pendorong tumbuhnya semangat juang dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia politik. KPPI DIY juga sebagai pelopor gerakan Politik Perempuan yang memiliki relevansi kuat dengan akar perjuangan di Indonesia. Pemberdayaan politik di KPPI terfokus pada dua hal Capacity Building dan AdvokasiCapacity building dilakukan untuk meningkatkan kapasitas politik dan legislasi anggotanya sedangkan Advokasi memberikan dorogan keterwakilan 30 % perempuan di lembaga Politik dan Partai Politik. (Aji)

 

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?