15 Oktober 2020 - BY Admin

PILOT PROJECT IMPLEMENTASI PENGARUSUTAMAAN GENDER DI DESA

Yogyakarta, DP3AP2 DIY(15/10/20) - Untuk mendorong implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) hingga ke level desa, Pemerintah DIY, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Pemerintah Kabupaten Sleman dengan didampingi oleh LSM IDEA dan kementerian PP dan PA RI melaksanakan sebuah program inovatif yaitu PILOT PROJECT IMPLEMENTASI PUG DI DESA. Program ini merupakan program uji coba percepatan implementasi PUG di desa dengan mendampingi pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di Desa.

Pilot Project difokuskan di kabupaten Sleman dan Gunung Kidul dengan kegiatan antara lain: Pendampingan Penyusunan PERKADES (Peraturan Kepala Desa) tentang PUG di Desa Condongcatur, Penyusunan Pedoman Rencana Aksi Kalurahan/Desa tentang PUG di Kabupaten Sleman, serta Monitoring dan Evaluasi  pelaksanaan PPRG di 72 desa di Kabupaten Gunungkidul.

Pelaksanaan Piloting di Gunung kidul diawali dengan penyusunan panduan dan instrumen monitoring dan evaluasi dilanjutkan dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi ke 72 Desa. Proses ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemetaan pelaksanaan PPRG di desa-desa di Gunung Kidul serta memberikan informasi sasaran serta apa yang dapat dilakukan untuk mendorong pelaksanaan PPRG dengan lebih baik di Kabupaten Gunung Kidul. Proses monitoring dan evaluasi PPRG di Gunung Kidul dilaksanakan selama bulan Oktober 2020.

Pelaksanaan Piloting di Sleman juga sedang berjalan, dan bulan Oktober ini sudah sampai pada tahap Finalisasi baik untuk pendampingan Perkades maupun Pedoman Rencana Aksi Kelurahan/Desa tentang PUG di Sleman.

Piloting ini diharapkan dapat menghasilkan panduan-panduan yang teruji yang dapat digunakan dan di terapkan di Kabupaten lain serta informasi pembelajaran baik yang dapat ditularkan ke kabupaten/desa yang lain sehingga semua dapat mengimplementasikan PPRG di Desa.



Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?