10 Maret 2022 - BY Admin

Pelatihan Bina Keluarga Sejahtera Tahun 2022 di Kabupaten Gunungkidul

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (10/03/2022) – Dalam rangka peningkatan Kader BKB, BKR dan BKL di Yogyakarta, Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga DP3AP2 DIY berkolaborasi dengan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pelatihan BKB, BKR dan BKL dengan menghadirkan narasumber dari BKKBN DIY, OPD KB dan Dinas Kesehatan. Angkatan I dan II telah selesai dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul kemudian Angkatan III dilaksanakan di Gedung Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (09/03). Kegiatan dihadiri oleh peserta kader BKB, BKR dan BKL dari Desa Prima dan Desa Mandiri Budaya di Kabupaten Gunungkidul.

Pelatihan Bina Keluarga Sejahtera disambut baik oleh Bapak Lurah kemadang, Bapak Sutono didampingi oleh Bapak Sihono Yulianto selaku PLKB Kalurahan Kemadang,  didampingi oleh Bapak Mohammad Amiruddin, S.Sos selaku Kepala Bidang Dalduk dan KB DPMKPPKB Kab Gunungkidul, Ibu Hera Aprilia, S.Kom., M.Eng selaku Kepala Bidang Dinas P3AP2 DIY dan Bapak Drs. Helly Prajitno Soetjipto, M.A., Psikolog dari Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM.

Menurut Bapak Sutono, pelatihan bagi Kader BKB, BKR dan BKL sangat penting untuk membangun kapasitas Sumber Daya Manusia di Kalurahan Kemadang. “Diharapkan supaya pelatihan tidak hanya sebatas pembinaan saja yang terlaksana hanya saat pelatihan selama 3 hari saja, tetapi ilmu dan informasi yang sudah didapatkan dalam pelatihan dapat diaplikasikan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat, terutama di Kalurahan Kemadang serta meningkatkan kemampuan kader BKB, BKR dan BKL dalam membina warganya untuk kelompok masing-masing.

“Permasalahn keluarga di Kabupaten Gunungkidul menjadi perhatian publik dikarenakan tingginya angka pernikahan anak, dimana ibu/istri menjadi kepala keluarga. Permalasahan ini dipicu karena factor internal dan eksternal. Selain itu data pada tahun 2020-2021 menunjukkan bahwa di Kabupaten Gunungkidul masih banyak anak terlantar dan lansia tidak produktif”, jelas Kepala Bidang Dalduk dan KB DPMKPPKB Kab Gunungkidul Bapak Mohammad Amiruddin, S.Sos.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersinergi dengan lintas sektor bersinergi untuk mengoptimalkan penyelenggaraan program Pembangunan Ketahanan Keluarga seperti pembinaan Ketahanan Keluarga, peningkatan Kualitas Poktan, Peningkatan Akses poktan, penguatan jejaring kemitraan dan optimalisasi monitoring dan evaluasi. Kegiatan pelatihan Kader BKB, BKR dan BKL di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul berjalan sesuai protokol kesehatan dan harapannya, pendampingan perlu terus dilakukan secara berkelanjutan agar peningkatan kualitas keluarga dapat tercapai sehingga terbentuk desa yang sejahtera dan komprehensif, yaitu setara gender, perlindungan anak, masyarakat sejahtera, sekaligus penguatan Lembaga Masyarakat.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?