5 September 2011 - BY Admin

Pelatihan Pengelolaan Data Gender dan Anak

Humas KPP & PA - Dalam upaya memfasilitasi dan memberikan pedoman kepada para pengelola data gender dan anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) telah menyusun Modul Pelatihan Pengelolaan Data Gender dan Anak. Penyusunan modul ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas pengelola data mulai dari pengumpulan, pengolahan, analisis sampai penyajian datanya.

Sebagai tindak lanjut dari penyusunan modul tersebut, maka dilakukan pelatihan pengelolaan data. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan para pengelola data, agar dapat menyusun dan menganalisis indikator gender dan anak di instansi masing-masing dengan lebih lengkap, berkualitas dan tepat waktu.

Penyusunan modul dan pelatihan pengelolaan data gender dilakukan atas kerjasama antara Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hal ini merupakan bentuk konkrit tindak lanjut Kesepahaman Bersama yang telah ditandatangani oleh kedua pimpinan.

Pada tahun anggaran 2011 melalui Asisten Deputi Informasi Gender, Deputi Bidang Perlindungan Perempuan, KPP dan PA, akan melakukan kegiatan pelatihan di 10 (sepuluh) provinsi, yaitu: Kepulauan Riau, NTB, Sumatera Selatan, NTT, Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Tengah dan Maluku.

Sampai akhir Agustus 2011 telah dilaksanakan pelatihan di 3 (tiga) provinsi, yaitu NTB, NTT, dan Bali. Kegiatan diikuti oleh sebanyak 40 orang peserta pengelola data dari SKPD terkait dan sebagian unit PP, PA dan KB kabupaten/kota di masing-masing provinsi.

Dalam pembukaan kegiatan di Provinsi NTB Dra. Hj. Ratningdiah, MH (Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena diikuti oleh para pengelola data di berbagai SKPD terkait, mitra kerja, dan unit PP, PA dan KB kabupaten/kota. Sedangkan di Provinsi NTT dibuka oleh Dr. Yovita Anike Mitak, M.Ph (Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan).

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa permasalahan global yang menjadi permasalahan publik diantaranya kemiskinan dan kesenjangan ekonomi disebabkan oleh keterbatasan akses data dan informasi.

Data yang seharusnya menjadi pijakan pemecahan masalah, ironisnya selalu menjadi materi yang kurang dikedepankan. Sedangkan kegiatan di Provinsi Bali yang dihadiri langsung oleh Drs. Safruddin Setia Budi, M.Hum, (Deputi Bidang Perlindungan Perempuan, KPP dan PA), dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pengelolaan data gender dan anak merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis, sebagai acuan dalam pelaksanaan pengelolaan data menjadi informasi gender dan anak.

Sedangkan Luh Putu Haryani, SE, MM (Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Provinsi Bali) dalam laporannya mengemukakan bahwa berbicara data memang mudah diucapkan, namun kenyataannya memperoleh data yang akurat sangat sulit, lebih-lebih data terpilah yang saat ini sangat diperlukan.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi konsep dan definisi terkait pengelolaan data; ukuran-ukuran dasar statistik; jenis-jenis data; metode pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data; juga diperkenalkan indikator gender dan anak menurut bidang antara lain: kependudukan, pendidikan, tenaga kerja dan kesehatan; serta cara penghitungan indikator gender, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).

Selain penyampaian teori, peserta juga melakukan praktek langsung cara-cara penghitungan ukuran statistik, membuat tabel, grafik dan analisis datanya. Pada akhir sesi disampaikan hasil evaluasi penyerapan materi pelatihan, yang diamati dari hasil pre-test dan post-test seluruh peserta. Kegiatan lanjutan di 7 (tujuh) provinsi diharapkan dapat selesai pada bulan September 2011.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?