28 Oktober 2022 - BY Admin

Pendampingan PPRG di Kalurahan Bejiharjo Kapanewon Karangmojo Gunung Kidul

Gunung Kidul, DP3AP2 DIY (28/10/2022) - Sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang dilaksanakan pada Juli 2022, DP3AP2 melakukan pendampingan ke kalurahan peserta pelatihan. Pendampingan PPRG di Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Gunung Kidul dilaksanakan tanggal 27 Oktober dan 3, 10, 24 November 2022. Acara bertempat di Balai Kalurahan Bejiharjo pukul 09.00 - 12.30 WIB. Peserta pelatihan pendampingan sejumlah 20 orang terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah, Bamuskal, Carik, Kamituwo, Dukuh, Anggota Desa Prima, Anggota Desa Mandiri Budaya, Karang Taruna, Kelompok Disabilitas, dan Staff Kalurahan.

Didampingi oleh Perwakilan Subkoordinator Data, Informasi dan Kerjasama Dinas P3AP2 DIY Annisa Candramurti, S.H. dan Pendamping Pelatihan PPRG oleh Tenti Novari Kurniawati dari Ide dan Analitika Indonesia (IDEA) serta Eni Lestari selaku Sekretaris Kalurahan Bejiharjo. Pendampingan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu meningkatkan pengetahuan dan skill peserta tentang konsep gender, analisis gender, dan perancangan program serta kegiatan responsif gender melalui serangkaian training. Tahap kedua, pendampingan teknis khusus untuk merancang rekomendasi program dan kegiatan responsif gender untuk RAPBKal 2023. Dari dua tahap di atas, dibagi menjadi 4 pertemuan, yaitu Konsep Keadilan Gender dan Analisis Gender, Peta dan Analisis Gender Harvard, Bedah RPJMKal atau APBKal, dan pertemuan terakhir Menyusun Program dan Kegiatan untuk APBKal 2023.

Isu Gender di kalurahan perlu diperhatikan terutama terkait anggaran yang dialokasikan untuk mendukung Isu-isu Gender. Hal ini juga dibutuhkan untuk tercapainya anggaran yang Akses, Partisipasi, Kontrol, dan Manfaat (APKM) mengena pada semua lapisan masyarakat kalurahan. (Aj)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?