30 September 2021 - BY Admin

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, Pemda DIY dapat Predikat Mentor untuk ketiga kalinya

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (30/09/21) - Kabar membanggakan yang datang menjelang berakhirnya tahun 2021 ini, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota atas komitmennya dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Dalam Penghargaan APE sendiri ada empat tingkatan/kategori dari yang paling dasar, yaitu : Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Utama, dan Kategori Mentor yang merupakan kategori tertinggi. Pemda DIY sendiri sudah dua periode mendapatkan penghargaan APE dengan kategori Mentor, yaitu pada tahun 2016 dan 2018.

Pada 2018, pemerintah kabupaten dan kota di DIY juga menerima penghargaan APE. Kabupaten Sleman memperoleh APE kategori Mentor dan empat kabupaten dan kota yang lain memperoleh APE kategori Utama.

Pemberian anugerah ini didahului proses input data-data yang disyaratkan ke aplikasi yang sudah disediakan Kementerian. Kemudian, data-data tersebut dilakukan verifikasi lapangan yang dilakukan oleh tim verifikator, yaitu tim independen yang dibentuk oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Sebelum 2014, evaluasi dilaksanakan setiap setahun sekali tetapi sejak 2014 dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Verifikasi yang dilaksanakan tahun ini seharusnya dilaksanakan pada 2020, namun karena adanya pandemi Covid-19 pelaksanaan verifikasi lapangan diundur dan dilaksanakan pada tahun 2021.

Verifikasi lapangan Penghargaan APE digelar secara langsung dan virtual pada tanggal 1 April 2021 di Gedhong Pracimasana, Komplek Kepatihan, Danurejan dipimpin langsung oleh Gubernur DIY. Acara ini dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Anggota DPRD DIY, Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG), para Gender Champion, perwakilan dari perguruan tinggi dan pusat studi wanita, LSM pemerhati pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, perwakilan dari dunia usaha, media dan forum-forum yang selama ini berjejaring dengan Pemda DIY dalam program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Tahun ini Pemda DIY masuk menjadi salah satu pemerintah provinsi yang masuk untuk diverifikasi bersama dengan lima kabupaten dan kota di DIY. Setelah menunggu 6 bulan, akhirnya diumumkan bahwa Pemda DIY Kembali memperoleh penghargaan APE sekaligus mempertahankan predikat Mentor untuk yang ketiga kalinya.

Dengan apresiasi melalui Penghargaan APE ini diharapkan semangat Pemda DIY dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender semakin bertumbuh, tidak hanya terfokus pada hal-hal mandatory terkait regulasi dan rutinitas tetapi selalu menghadirkan inovasi-inovasi yang akan mendorong pengarusutamaan gender di berbagai aspek kehidupan masyarakat bersinergi bersama seluruh pemangku kepentingan. (SK)

 

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?