28 Juli 2022 - BY Admin

Penguatan Kapasitas Forum Anak Nasional

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (28/07/2022) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggandeng Forum Anak Nasional (FAN) dalam upaya pemenuhan hak anak di Indonesia. Tahun ini, Kementerian PPPA kembali mengadakan penguatan kapasitas Forum Anak Nasional yang terakhir dilaksanakan pada 2019.

“Memberikan ruang diskusi bagi anak adalah bentuk pelibatan anak tidak hanya sebagai objek tetapi subjek pembangunan. Forum Anak selama ini telah membuktikan mampu memberikan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan permasalahan di daerahnya,” tutur Deputi Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA Agustina Erni seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (22/7).

Penguatan kapasitas ini dilakukan pada 20 – 22 Juli dan dilanjut dengan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2022 di Jakarta dan Bogor.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta (DP3AP2 DIY) juga turut mengirimkan perwakilan dari Pengururs Forum Anak Daerah DIY yang menjadi Pengurus Forum Anak Nasional yakni, Tanaya Sindhu Ganari, Fasilitator Forum Anak Daerah DIY yang menjadi Fasilitator Forum Anak Nasional yakni Intan Dewi Permatasari, dan 1 pendamping dari Dinas P3AP2 DIY.

Dalam rangkaian penguatan kapasitas, terdapat kelas inspiratif yakni dari Tasya Kamila mengenai _Public Speaking_ dan _Personal Branding_, Ibu Ciput Eka Purwianti, S.Si., M.A. mengenai Kesehatan Reproduksi, serta Google Indonesia mengenai Cara Aman Bersosial Media.

Pada hari keuda juga dilaksanakan pembentukan Suara Anak Indonesia (SAI) yang disusun oleh 34 perwakilan anak dari seluruh Indonesia, juga dengan melibatkan Forum Anak Daerah (FAD) secara daring dan luring (hybrid). Hasil suara anak ini dibacakan di depan Bapak Ibu Gubernur dari 11 Provinsi yang mendapatkan gelar Provinsi Layak Anak, Ibu Menteri Kementerian PPPA RI, Ibu Bintang Puspayoga dan Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada puncak perayaan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2022 di Kebun Raya Bogor.

Poinnya diantaranya adalah :

1. Memohon kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengoptimalkan penyebaran Informasi Layak Anak (ILA) terkhusus di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

2. Memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan keterlibatan dan merealisasikan suara anak dalam segala kegiatan yangberkaitan dengan perencanaan pembangunan.

3. Pemerintah dan masyarakat bersinergi dalam mengkampanyekan stop perkawinan usia anak serta mempertegas implementasi dalam pengawasan UU revisi perkawinan usia anak (UU No. 16 Tahun 2019).

4. Pemerintah dan masyarakat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pola asuh dan menolak segala bentuk kekerasan dalam lingkungan keluarga.

5. Memohon kepada pemerintah dan masyarakat untuk mengoptimalkan pengawasan distribusi, iklan, promosi, dan sponsor rokok serta melakukan rehabilitasi khusus bagi perokok anak.

6. Memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan peran posyandu remaja dan memberikan pendidikan parenting untuk orang tua terkait pemenuhan gizi serta tumbuh kembang anak.

7. Memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana kegiatan kreatif dan rekreatif yang ramah anak di luar sekolah.

8. Memohon kepadapemerintah dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan perhatian terkait isu anak putus sekolah mulai dari lingkup masyarakat terkecil.

9. Memohon kepada pemerintah dengan melibatkan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk memperhatikan aspek pengetahuan budaya nusantara baik di luar maupun dalam negeri bagi anak.

10. Memohon kepada pemerintah untuk memperkuat regulasi terhadap kekerasan dan mengoptimalkan penyebaran edukasi terkait kekerasan anak kepada seluruh lapisan masyarakat.

11. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan kesetaraan pembangunan dan revitalisasi fasilitas ramah anak berkebutuhan khusus di seluruh Indonesia

Ditetapkan di Jakarta, 21 Juli 2022

Atas Nama Anak Indonesia

Di hari ketiga terdapat Penganugerahan DAFA Awards (Data Forum Anak) yang telah menjadi tradisi turun temurun Forum Anak Nasional setiap tahunnya. Terdapat banyak penghargaan yang diberikan mulai dari Forum Anak Kelurahan Terbaik hingga Forum Anak Provinsi Terbaik. Juga terdapat penghargaan yang baru seperti Forum Anak Berbakat. DIY khususnya Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman mendapat penghargaan atas Kecamatan Terbaik. -j

Sumber : Kedaulatan Rakyat

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?