13 Juli 2020 - BY Admin

Peringatan Hari Anak Nasional di Masa Pandemi

Yogyakarta, (30/07/2020) - Sejak tahun 1984 Pemerintah telah menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN), sehingga di tanggal tersebut setiap daerah selalu melakukan peringatan dengan berbagai macam kegiatan sebagai bentuk komitmen dan penghargaan terhadap anak serta sebagai pengingat bahwa anak merupakan harapan bangsa dan merupakan individu yang unik, penuh potensi yang perlu dikembangkan secara optimal. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY secara rutin juga menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN), sebagai salah satu upaya untuk memenuhi hak-hak anak. Penyelenggaraan Hari Anak Nasional (HAN) selalu memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat aktif didalamnya, sebagai perwujudan hak partisipasi anak.

Hari Anak Nasional Tahun 2020 secara nasional mengambil tema Anak Terlindungi Indonesia Maju dengan tagline : Anak Indonesia Gembira di Rumah dan di Daerah Istimewa Yogyakarta mengambil tema khusus “Adhirajasa Bhakti Nagari” yang artinya Membangun Identitas dan Karakter Anak untuk Tangguh, Peduli Sesama, Dermawan, Tidak Mementingkan Diri Sendiri, Patuh terhadap Kewajiban, Berekspresi Kreatif dalam Berbangsa dan Bertanah Air indonesia.

Tahun ini Indonesia bahkan Dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan oleh kita semua, baik orang dewasa maupun anak tanpa terkecuali. Hampir seluruh sektor terdampak dan banyak tatanan kehidupan yang berubah, menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini sehingga peringatan Hari Anak Nasional di Daerah Istimewa Yogyakarta juga sedikit berbeda.

Peringatan Hari Anak Nasional di Daerah Istimewa Yogyakarta tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19. Adapun Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020 yang kami selenggarakan meliputi:

  1. Pemberian Bantuan Spesifik Untuk Anak, diberikan kepada 300 anak se DIY, dan secara simbolis sudah diserahkan pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Bantuan spesifik ini berbeda dengan bantuan-bantuan lain karena disiapkan untuk menunjang kebutuhan anak khususnya terkait dengan kebutuhan kesehatan dan gizi, sehingga diharapkan anak-anak tetap dapat tumbuh dan berkembang secara optimal walaupun berada ditengah pandemi Covid-19.
  2. Talkshow HAN melalui Jogja TV pada hari Senin, 20 Juli 2020 pukul 17.00 s/d 18.00 dengan tema “Perlindungan Anak di Masa Pandemi Covid-19”.
  3. Pembagian masker HAN kepada anak-anak yang mengikuti Puncak HAN, baik pusat maupun Daerah yang diberikan pada hari Selasa, 21 Juli 2020.
  4. Pemutaran Video animasi “Gadis Berdaya” melalui videotron pada hari Rabu, 22 Juli 2020. Video ini merupakan hasil karya anak Ulatun Nuha Zahratul Jannah. Sebuah karya untuk mengingatkan bahwa setiap remaja perempuan adalah gadis berdaya yang harus memahami kesehatan reproduksi dan memutuskan yang terbaik untuk dirinya.
  5. Pembacaan Pidato Gubernur tetang HAN, yang dipublikasikan ke sekolah dan masyarakat melalui media sosial, pada hari Kamis, 23 Juli 2020.
  6. Menghadiri Puncak acara HAN Pusat pada hari Kamis, 23 Juli 2020, dan menghadirkan 10 anak DIY secara virtual.
  7. Kampaye HAN (Pembagian 400 Bunga dan Masker untuk anak bersama TeSAGa DIY) di tempat wisata Kids Fun Parcs dan beberapa titik di DIY dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 24-25 Juli 2020.
  8. Puncak Acara HAN DIY pada hari Senin, 27 Juli 2020 dengan mengundang 100 peserta secara virtual yang terdiri dari anak-anak, beberapa OPD dan pemerhati anak.

Selain itu di Kabupaten/Kota juga menyelenggarakan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020 dengan kreativitas yang berbeda-beda.

Rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional DIY Tahun 2020 terselenggara atas dukungan berbagai pihak, diantaranya:

  1. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY
  2. Kepala Dinas Sosial DIY
  3. Kepala Dinas Kominfo DIY
  4. Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY
  5. Direktur Pusat Kebijakan Managemen dan Kesehatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta
  6. Pimpinan Sanggar Anjawani
  7. Pimpinan Paduan Suara Cera Choir SMP Steladuce 2
  8. Ketua LP3N DIY
  9. Forum Anak Daerah
  10. Ibu dr. Arida Oetami
  11. Media HARJO
  12. Restoran Pringsewu Group

 

DP3AP2 DIY juga memberikan apresiasi kepada LSM pemerhati Anak, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi, media yang secara terpisah dan mandiri telah ikut menyemarakkan Hari Anak Nasional Tahun 2020 di DIY.

Jika di tahun-tahun sebelumnya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI selalu melakukan evaluasi terkait dengan Kabupaten/Kota Layak Anak, khusus tahun ini tidak dilakukan evaluasi dikarenakan adanya pandemi Covid-19, sehingga tidak ada penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak. Meskipun demikian pada tahun ini Pemda DIY mendapatkan Anugerah Penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas Komitmennya dalam penyelenggaraan Perlindungan Anak dan Melaporkan Capaian Berbasis Sistem Informasi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP). Kami juga bersyukur atas penghargaan yang sama diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Walaupun berada dalam masa pandemi Covid-19, DP3AP2 DIY mengajak seluruh anak di DIY untuk menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat meningkatkan kepedulian antar sesama juga gotong-royong sesuai dengan budaya lokal masing-masing wilayah. Selain itu diharapkan semangat untuk memberikan perlindungan terhadap anak tetap bergelora dalam jiwa kita semua.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?