21 Oktober 2011 - BY Admin

Profil Gender dan Anak Provinsi DIY Tahun 2011 Telah Terbit

Yogyakarta, BPPM – Sebagai upaya untuk menyediakan informasi tentang kondisi kemajuan pemberdayaan gender di Provinsi DIY serta untuk melakukan analisis terhadap data terpilah gender dan anak di Provinsi DIY, Provinsi DIY melalui BPPM Prov. DIY melaksanakan penyusunan Profil Gender dan Anak Tahun 2011. Penyusunan Profil Gender dan Anak ini diharapkan menjadi kegiatan yang rutin dapat dilakukan sehingga dapat memberikan informasi tentang kemajuan pemberdayaan Gender di DIY.

Disampaikan oleh Joko Pitoyo, Ssi, MA salah satu narasumber ahli dalam tim penyusun Profil Gender dan Anak 2011 bahwa Profil yang diekspose-kan tanggal 20 Oktober 2011 tersebut disusun berdasarkan data gender dan anak tahun 2010, dan mencakup sektor kesehatan, pendidikan, peran dalam politik dan sosial serta ketenagakerjaan. Profil ini juga berusaha memotret kondisi anak melalui data tumbuh kembang, dan perlindungan anak. Namun diakui bahwa karena masih terbatasnya data anak potret terhadap kondisi anak masih belum tajam.

Data anak menurut Sri hartati, SKM, M.Kes Kabid Perlindungan hak-hak Perempuan masih menjadi kendala sampai sekarang, misalnya data tentang anak berkebutuhan khusus, data tentang pekerja anak, dan data korban bencana yang sampai sekarang masih sulit untuk didapatkan.

Dari ekspose ini diharapan muncul kepedulian dari SKPD terkait dan Lembaga layanan tentang pentingnya data gender dan anak untuk mendukung perencanaan program pembangunan dan indikator keberhasilan pembangunan. (AN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?