22 April 2021 - BY Admin

Sarasehan Online Perempuan Tangguh Keluarga Tangguh

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (22/04/2021) - Sebagai bagian dari Kegiatan Peringatan Hari Kartini tahun 2021 Daerah Istimewa Yogyakarta, Panitia Peringatan hari Kartini 2021 bersama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY melaksanakan Sarasehan  Online dengan Tema : Perempuan tangguh; Perempuan Tangguh. Tema ini diangkat karena di tengah pandemi Covid-19 ini masyarakat khususnya perempuan dihadapkan pada banyak permasalah karena dampak luas  pandemi. Banyak Pengusaha perempuan mengalami kesulitan dalam berusaha dan memasarkan hasil produksinya, keluarga mengalami kesulitan ekonomi akibat mandegnya aktifitas di sektor pariwisata, anak-anak harus belajar dirumah dan permasalahan lain yang kompleks. Namun, semangat Kartini yang menginspirasi perempuan Indonesia untuk bangkit berdiri dimasa penjajahan harus tetap dipelihara demi tetap bertahannya perempuan dan keluarga.  

Moment peringatan Hari Kartini tahun ini dianggap merupakan moment yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat Kartini bagi perempuan di Indonesia dan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada khususnya untuk semangat dan tidak menyerah dalam menghadapi cobaan pandemi Covid-19 ini.  Perempuan perlu diajak kembali meniilik sejarah Indonesia bahwa perempuan memiliki peran besar dalam perjuangan bangsa indonesia, perempuan dalam sejarah juga menjadi penentu kemajuan perjuangan bangsa. Semangat Perempuan tersebut tidak hanya terkait dengan peran domestiknya tetapi juga peran sebagai Tokoh utama keluarga yang kemudian menentukan ketahanan keluarga dalam menghadapi berbagai tantangan. Melalu moment ini diharapkan dapat digugah semangat perempuan jogja untuk tangguh dalam menghadapi situasi ini dan meningkatkan efikasi dirinya untuk bersama keluarga tangguh menghadapi segala kesulitan.

Sarasehan ini dilaksanakan secara online melalui saluran Zoom dan Youtube dengan bekerjasama dengan Humas Pemda DIY. Dilaksanakan pada Kamis, 15 April 2021 pada pukul 09.00 dengan menghadirkan narasumber dari kalangan influencer milenial yaitu GKR Bendara, Dr. Tirta, dan Nendra Premonik Sekar Rengganis yang merupakan penulis dan penggiat berita online. dimoderatori oleh  Yudhy Widya Kusuma., M.A. dari Japelidi kegiatan ini menyasar pada pejuang perempuan dan organisasi perempuan dan kepemudaan di DIY yang diwakili oleh Perwakilan Organisasi Perempuan (PKK, DWP, KPPI, BKOW dan elemen di dalamnya), Forum Puspa Provinsi dan Kabupaten/Kota, Para pelaku desa prima dan perempuan pengusaha, PSW dan PSG Universitas di DIY, Media di DIY, dan LSM / Organisasi masyarakat.

Dari sarasehan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat perempuan DIY melalui moment peringatan Hari Kartini, memberikan informasi peran yang dapat diambil perempuan dalam menyelesaikan krisis akibat pandemi, serta menggalang  komitmen gerakan perempuan untuk berperan dalam meningkatkan ketahanan keluarga di Daerah Istimewa Yogyakarta. (AN)

 

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?