11 Desember 2020 - BY Admin

Sosialisasi TeSAGa DIY dalam Rangkaian Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (11/12/2020) - Sejak 39 tahun silam, setiap tanggal 25 November telah diperingati sebagai Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. Pada waktu itu, hari anti kekerasan terhadap perempuan diperingati sebagai 'hari menentang kekerasan berbasis gender'. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan tahun ini akan diisi dengan 16 Hari Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (16 days of activism). Kegiatan ini akan dimulai pada 25 November dan berakhir pada 10 Desember 2020, bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia Internasional. 

Setiap tahunnya DP3AP2 DIY juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak karena keprihatinan terhadap kondisi perempuan dan anak yang rentan mengalami kekerasan baik di ranah personal maupun Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Salah satu rangkaian kegiatan Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak adalah pembagian bunga dan Sosialisasi TeSAGA DIY. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 10 Desember 2020, bertepatan dengan acara Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMK Negeri 1 Pleret Bantul. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi mengenai kebijakan DP3P2 DIY dalam perlindungan perempuan dan anak, serta memberikan informasi mengenai layanan perlindungan perempuan dan anak yang ada di DIY sehingga masyarakat dapat mengakses layanan TeSAGA DIY ketika menemui kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di sekitarnya.

Selama ini TeSAGa DIY concern dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak Selama pandemi Covid-19 TeSAGa DIY tetap memberikan layanan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 dan telah menyusun SOP khusus pandemi Covid-19. Dalam memberikan layanan, TeSAGA DIY berjejaring dengan P2TPAKK “Rekso Dyah Utami”, Forum Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan serta UPT PPA Kota/Kabupaten.

TeSAGA DIY menyediakan layanan telekonseling gratis bagi anak dan keluarga maupun masyarakat umum yang membutuhkan. Adapun layanan lain yang disediakan oleh TeSAGa DIY yaitu layanan pengaduan, informasi, layanan penjangkauan, pendampingan dan perlindungan khusus. Adanya akses layanan lembaga rujukan yang dibutuhkan anak maupun keluarga dan mengembalikan fungsi anak agar dapat melaksanakan kembali perannya secara wajar serta fungsi keluarga secara optimal merupakan tugas TeSAGa DIY.

Layanan TeSAGA DIY dapat diakses melalui line telepon : (0274 ) 565003 Pada Hari Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan Hari Jumat pukul 08.00-14.30 WIB. Untuk layanan Sosial Media TeSAGA DIY dapat diakses selama 24 jam tak terkecuali hari libur melalui WhatsApp/ SMS di Nomor : 0877-1929-2111 atau melalui Facebook: Tesaga DIY, Line: TeSAGa DIY, twitter: @TeSAGaDIY, Instagram: TeSAGa_DIY, email: tesaga.diy@gmail.com. Selain itu TeSAGA DIY juga memiliki blog yang berisi berbagai artikel yang berkaitan dengan edukasi bagi anak dan keluarga.

Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan dan kepedulian masyarakat untuk mencegah atau melaporkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ada di lingkungan sekitarnya.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?