6 Mei 2021 - BY Admin

Tetulung: Modal Sosial Perempuan di Tengah Pandemi

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (06/05/2021) -  Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Kartini DIY Tahun 2021 bertema “Perempuan Yang Menginspirasi, Mandiri dan Bermanfaat untuk Negeri” dilaksanakan talkshow inspirasi dengan judul Tetulung: Modal Sosial Perempuan di Tengah Pandemi melalui Online Net Meeting. Talkshow ini diharapkan dapat memberikan inpirasi bagi perempuan untuk berbagi dan semangat dalam melalui masa pandemi.

Talkshow ini dilaksanakan oleh DP3AP2 DIY bekerjasama bersama dengan Panitia Peringatan Hari Kartini DIY tahun 2021 pada Rabu (05/05/2021) dengan menghadirkan antara lain Erlina Hidayati, SIP, MM. (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Pemda DIY), Nelly Tristiana, S.Kep. Ners (Kepala Bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Pemda DIY) yang menyampaikan paparan "Praktik Baik Program Desa Prima untuk Meningkatkan Ketahan Ekonomi Perempuan". Disampaikan dalam paparannya bahwa tingkat kesetaraan dalam berwirausaha antara perempuan dan laki-laki merupakan yang paling tinggi di Kawasan Asia Pasifik, dengan rasio kegiatan antar gender sebesar 1,01 (Global Entrepreneurship Monitor  2019, Katadata) 43,45% pelaku usaha mikro kecil berjenis kelamin perempuan (BPS, SE2016-lanjutan, 2019). 49% perempuan di Indonesia telah berwirausaha, tertinggi diantara 12 negara yang disurvei. Dan 45% perempuan Indonesia menyatakan ingin berusaha. Disampaikan pula tentang peran, sasaran, dan harapan yang ingin dicapai DP3AP2 DIY.

INEM JOGJA (Penggerak Aksi Kemanusiaan Jogja) membagi bagaimana konsep berbagi yang ia yakini serta tentang latar belakang, perjalanan karir, pecapaian serta inovasi-inovasi untuk Saling Berbagi. Talkshow ini juga menghadirkan Murti Maharini, S.Sos, M.PA (Penggiat Program Canthelan di Sleman) yang berbagi pengalaman tentang latar belakang, teknis pelaksaan serta dampak dari Gerakan Berbagi melalui Program Canthelan di Sleman pada masa pandemi Covid-19.

Acara online talkshow yang dimoderatori oleh Erina Chusnulita (Public Speaker/Forum Puspa DIY) berlangsung meriah dengan penuh antusiasme dari berbagai macam kalangan dilihat dari jumlah dan asal audien. Materi paparan Talkshow Online Memperingati Hari Kartini dengan Tema "Tetulung: Modal Sosial Perempuan Di Tengah Pandemi" dapat diakses melalui http://bit.ly/mat-tetulung0505 .

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?