30 Juni 2022 - BY Admin

Uji Publik Peraturan Menteri KLA di DP3AP2 DIY

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (30/06/2022) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI menggelar Uji Publik Peraturan Menteri (Permen) Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) pada Rabu, 29 Juni 2022 di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY. Acara ini dilakukan secara bauran melalui platform Zoom Meeting dan secara langsung di DP3AP2 DIY.

Dalam acara ini, Sri Prihatini L. Wijayanti selaku Asdep Perumusan Kebijakan Bidang PHA Kemen PPPA, menyampaikan bahwa saat ini Kemen PPPA sedang menyusun Peraturan Menteri PPPA tentang Penyelenggaraan KLA. Terdapat 4 Prinsip dasar Konvensi Hak Anak yang meliputi non diskriminatif, mendengar pendapat anak, kepentingan terbaik untuk anak, serta kelangsungan hidup dan perkembangan anak.

Untuk melakukan program KLA dibutuhkan peraturan teknis KLA, hal ini yang
mendasari dilaksanakannya acara uji publik ini. Wijayanti menyampaikan harapannya pembangunan KLA ini didukung oleh semua sektor dan elemen masyarakat agar perwujudan KLA yang dianggap sulit ini dapat tercapai secara optimal.


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas P3AP2 DIY yang diwakilkan oleh Beni Kusambodo, S.H. selaku Kepala Bidang PPA. Dalam sambutannya disampaikan bahwa anak merupakan aset penerus bangsa dan pemerintah telah berupaya dalam melindungi hak dan perlindungan Anak, salah satunya melalui pembentukan kebijakan KLA. Upaya Perwujudan Indonesia Layak Anak nantinya akan menjadi Indonesia Golden 2045.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan diskusi mengenai Kebijakan Penyelenggaraan KLA yang dimoderatori oleh Sri Martani Wahyu Widayati selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Bidang PHA. Peserta rapat baik yang menghadiri secara daring maupun luring antusias dalam kegiatan diskusi ini. Masukan dan saran disampaikan oleh peserta sehingga menyempurnakan rancangan Peraturan Menteri PPPA. Antusias peserta dalam kegiatan diskusi ini menunjukkan tingginya kepedulian pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten / Kota Layak Anak.


Pada akhir acara, Sri Prihatini L. Wijayanti memberikan kesimpulan atas materi yang telah disampaikan dan apresiasi atas partisipasi dari berbagai daerah yang bergabung melalui Zoom meeting sehingga Kemen PPPA dapat mengetahui keadaan di daerah tersebut.

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?