22 Juni 2016 - BY Admin

Verifikasi Lapangan di Desa Sumberharjo Tahun 2016

 

Yogyakarta, BPPM – Hari ketiga tahap verifikasi lapangan perlombaan Desa, rombongan Tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana, BPPM DIY drg. Retno Nurmawati, M.Kes mengunjungi Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman pada hari Senin, 13 Juni 2016. Rombongan Tim diterima di Balai Desa Sumberharjo oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sleman, Ibu Sekretaris BKBPMPP Sleman, Camat Prambanan, Kepala Desa beserta jajaran perangkat desa serta tamu undangan lainnya.

Bupati Sleman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sleman Jazin Sumirat, SH.M.Si mengatakan bahwa Pemerintah Desa memiliki peran yang setrategis dalam mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Sleman mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasi, karenanya pemerintah desa menjadikan sistem pemerintahan yang terus dikembangakan kapasitas dan kinerjanya, agar semua desa di Sleman mampu menjalankan fungsinya dalam memberdayakan masyarakat, pelayanan yang prima dan menyelenggarakan ketertiban umum, serta mampu mengembangkan wilayahnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Sambutan tertulis Gubernur DIY yang dibacakan oleh Ketua rombongan Ibu drg. Retno Nurmawati, M.Kes menegaskan bahwa Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat DIY kali ini, yang diikuti pemenang perlombaan Desa dan Kelurahantingkat Kabupaten/Kota se DIY ini adalah dalam upaya mendorong penguatan otonomi dan peningkatan kinerja aparatur Desa dan Kelurahan. Disamping itu juga untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan Desa dan Kelurahan di setiap sektor pembangunan.

Setelah melakukan acara seremonial, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan oleh Tim Juri di lingkungan Balai Desa dan melakukan kunjungan lapangan ke dusun sampel untuk melihat potensi unggulan Desa Sumberharjo, meliputi

  1. Simulasi keamanan, pertanian modern, BUM Desa, Tim Penanggulangan Bencana
  2. Di dusun Sengir melihat potensi Desa yaitu: Gapoktan, simulasi kebakaran, Yandu Lansia, PAUD, PKK/TOGA, Polindes.
  3. Wisata Rumah Dome atau The New Nglepen adalah sebuah perkampungan unik yang terletak di Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Perkampungan ini sangat unik karena bentuk rumahnya yang bulat-bulat seperti rumah teletubies yang pernah populer di televisi beberapa tahun lalu. Rumah Dome mempunyai tiga kelebihan yaitu tahan gempa, tahan kebakaran dan tahan terhadap topan badai. Total rumah yang ada 80 unit yang terdiri 71 rumah hunian, 9 fasilitas umum meliputi 1 musholla, 1 aula, 1 polindes dan 6 MCK dan sekarang ditambah playground untuk anak-anak.

Setelah itu dilanjutkan pelepasan Tim juri dengan diawali oleh Pembacaan Pesan dan kesandari Tim Juri yang dibacakan oleh Kepala Bidang PHP, BPPM DIY Ibu Waty Merliawati, SH, M.Kes dan Pelepasan tim disampaikan oleh Camat Prambanan. (KUN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?