20 Juni 2016 - BY Admin

Verifikasi Lapangan di Kelurahan Muja Muju Tahun 2016

Yogyakarta, BPPM – Hari kedua verifikasi lapangan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2016 dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juni 2016 di Kelurahan Muja Muju Kecamatan Umbulharjo dengan pimpinan rombongan tim juri lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2016 adalah Ibu Sekretaris BPPM DIY Dra. Carolina Radiastuty, MM. Dalam sambutan tertulis Walikota Yogyakarta yang dibacakan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Muhammad Sarjono, Walikota Yogyakarta menyampaikan bahwa Kegiatan lomba atau evaluasi kelurahan merupakan sistem evaluasi yang sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perangkat kelurahan dan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan di setiap sektor pembangunan serta guna mendorong pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan kelurahan.

Potensi unggulan Kelurahan Muja Muju berupa Program Pemberdayaan Masyarakat yaitu:

1.   Program Bimbel Bagi Warga Miskin

Mulai tahun 2012 bekerjasama dengan PT Sari Husada dan lembaga pendidikan yang ada di Kota Yogyakarta. Program ini ditujukan untuk anak-anak sekolah dari keluarga kurang mampu pada kelas 6 SD dan 3 SMP dengan jumlah peserta 50 orang.

2.   Program Cinta Sayur Berbasis Rumah Tangga

Kegiatan ini merupakan kegiatan dari ibu-ibu yang bergabung dalam KWT Wanita Sejahtera dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 250M2 menjadi kebun sayur. Kebun sayur berupa tanaman hidroponik sederhana tidak menggunakan bahan pralon namun memanfaatkan barang bekas dari rumah tangga seperti botol dan aqua gelas. Kesuksesan kebun sayur ini kemudian diteruskan di setiap rumah tangga.

3.   Program Pembuatan Gerai UKM Mayang Mekar

Merupakan wadah menampung berbagai produk yang ada di wilayah Kelurahan Muja Muju baik berupa produk olahan maupun sandang. Selain itu juga dilaksanakan pelatihan, workshop untuk peningkatan SDM dan studi banding, baik difasilitasi dari LPMK maupun CSR dari PT Sari Husada.

4.   Program Gerakan Seribu(Gerbu)

Merupakan kegiatan TP PKK Kelurahan Muja Muju dalam setiap pertemuan pada tanggal 19 di setiap bulannya, setiap orang mengumpulkan Rp 1.000,00. Dana tersebut akan dipergunakan untuk warga masyarakat yang membutuhkan biaya pengobatan apabila tertimpa sakit atau musibah.

5.   Kesenian Panembromo

Panembromo merupakan tembang atau nyanyian yang dilakukan bersama-sama antara warga masyarakat, tokoh masyarakat dan perangkat kelurahan. Tembang atau nyanyian ini bisa diiringi musik bisa juga tidak dan inilah merupakan simbol bahwa komunikasi antara perangkat dengan warga masyarakat selalu menjadi satu kesatuan demi kepentingan dan kemajuan bersama.

Acara verifikasi lapangan di akhiri dengan pembacaan Kesan dan Pesan dari Tim Penilai yang disampaikan oleh Ibu Wati Marliawati, SH, M.Kes dan Pelepasan Tim Oleh Camat Umbulharjo Drs. H. Mardjuki.(KUN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?